Hej !

Review TEDxITT #1VolunteerMeetUp

1 Comment


Inspirators strike again last week! Setelah 1 bulan berlalu semenjak 1st event TEDxITT , tercetuslah sebuah ide brilliant dari seorang volunteer,kak Arie Aulia Nugraha (@arieare) untuk mengadakan VounteerMeetUp . Idenya berasal dari event TEDx kecil-kecilan seperti TEDxNgariung atau TEDxSalon but this is different. TEDxVolunteerMeetUp ≠ TEDxNgariung ≠ TEDxSalon . Kalau di TEDxSalon,eventnya sama seperti TEDx biasa,hanya saja dengan skala yang lebih kecil, audiencenya tetap berasal dari luar volunteer. Nah, kalau di TEDxVolunteerMeetUp ini speakers dan audiencenya adalah volunteer itu sendiri. Bisa dibilang “From Volunteer,By Volunteer,For Volunteer” begitu . Selain itu,VolunteerMeetUp ini juga diadakan untuk menjalankan tag TEDx itu sendiri ‘Ideas Worth Spreading’ , dimana kepeduliaan untuk berbagi itu sudah tertanam pada diri para volunteer.Sekalian latihan jadi speakers juga dan menjadi ajang silaturahim antara para volunteer setelah lama vakum🙂

Setelah satu bulan persiapan ,akhirnya ide TEDxVolunteerMeetUp inipun direalisasikan pada hari Minggu,tanggal 19 Februari yang lalu and I was soooo dam exciting!! Dari awal suasana yang tercipta begitu hangat karena bisa berkumpul kembali dengan keluarga TEDxITT ,ditambah lagi karena TEDxVolunteerMeetUp kali ini bertempat di Ventura (@vntra) , berbincang-bincang dengan volunteer bisa disambi dengan minum kopi dan ngemil donat madu khas Ventura🙂 Ada 3 speakers yang ditunjuk untuk membawakan talks pada VolunteerMeetUp ini,yaitu sang inisiator,kak  Arie Aulia Nugraha (@arieare) ,kak Nindita Ayu Ariendya (@ninditaariendya) dan kak Alfi Hanif (@alpialip) .

Dimulai dari pukul 19.00 WITT , kak Arfan Miftah Farid (@vankribo) yang berperan sebagai MC membuka acara dan dilanjutkan dengan kata sambutan dari kak Bijak F.Putranto (@bijakfputranto) . Sebelum acara dilanjutkan dengan talks dari para speaker , ditampilkan sebuah video TEDTalks dengan title ‘1000 Ted Talks, 6 Words’.

1st Speaker : Arie Aulia Nugraha

Selanjutnya acara yang ditunggu-tunggu, talks dari 1st speaker yaitu kak Arie Aulia Nugraha . Sesuai dengan passionnya terhadap social media , ia pun membawakan ‘ 7 Deadly Sins & Things You ( Probably) Didn’t Know About Twitter ‘ . Pada talksnya ia menguraikan 7 kesalahan yang sering dilakukan oleh pengguna twitter , yaitu :

1. Flooding

Seperti artinya,flooding yang berarti banjir. Jadi ya flooding itu adalah tweetpeople yang membanjiri timeline dengan hal-hal yang sebenarnya tidak perlu untuk di share atau ditweet. Pasti pernah dong ya ketemu dengan orang-orang yang membanjiri timeline kamu dengan segala kegalauannya yang tidak penting .

2. RT Abusing

RT abusing terjadi saat dalam 140 karakter twit itu ada banyak sekali RT .Padahal pada twitter sudah ada pilihan reply untuk membalas twit dan retweet untuk me-RT twit orang lain yang ingin kita share juga.

3. TwitLonger

TwitLonger biasa digunakan bila 140 karakter dirasa tidak cukup untuk mengungkapkan apa yang ingin di tweet. Kuncinya : Be Creative ! Manfaatkan 140 karakter itu dengan seefektif dan seefisien mungkin . Atau bisa juga gunakan http://www.ironicsans./THSRS/ atau 140IT.com untuk membuat twit panjang kamu menjadi lebih pendek.

4. #prayfor

Pasti pernah lihat kan ada yang nge-twit #prayforDerp atau #prayforHomework . Pertanyaannya,WHY??!! Pertama, You dont actually do something dan kedua , You dont actually PRAY.

5. Folbek eeaa QaQa’

Pasti pernah liat juga kan follower-follower yang mention kamu cuma buat minta di follow balik,apalagi kalau yang minta folback ga kita kenali sama sekali.Huh,cape deeee -.-

6. Ignoring Links

7. TrendWhore

TrendWhore adalah orang yang pengen banget nimbrung di TT (Trending Topic) tapi ga tau mau ngetwit apa.

Ini contoh-contoh 7 Deadly Sins on Twitter :

Itu dia 7 dosa-dosa yang umum dilakukan oleh para pengguna twitter. Jujur aja,dulunya saya juga sering melakukan dosa-dosa ini,salah satunya RT Abusing,itu dosa yang paling umum banget menurut saya. Dan alhamdulillah,setelah mendengar talks ini , saya jadi niat bertaubat,hehe😀 Terimakasih banyak kak Arie😀

2nd Speaker : Nindita Ayu Ariendya

Berikutnya adalah Talks dari 2nd speaker yaitu kak Nindita yang membahas passionnya yaitu ‘Travelling’ . Mendengar topik talksnya, saya begitu ON FIRE sekaligus exciting karena saya juga suka travelling. Kak Nindita memulai hobi travellingnya sejak kelas 2 SMP,awalnya ke daerah yang tidak begitu jauh dari kota tempat tinggalnya . Lalu ia sharing tentang salah satu perjalanan travellingnya ke Alor, NTT . Kebetulan saat itu di Alor sedang ada event yang diadakan oleh WWF ( World Wildlife Fund ) . Kak Nindita memaparkan bagaimana kehidupan masyarakat Alor sehari-harinya . Dengan hasil laut yang sangaaaaaaat kaya , masyarakat Alor hidup dengan serba keterbatasan . Mulai dari lingkungan tempat tinggal yang kumuh ,bahkan kantor camat daerah setempat pun terlihat sangat gersang , tidak adanya sinyal telepon , listrik yang hanya menyala dari jam 6 sore hingga jam 5 pagi hingga sulitnya mendapatkan air. Warga mendapatkan air hanya dari sumur yang ada di daerah ini, itupun hanya ada 3.

Salah satu hal yang patut kita banggakan dari Alor adalah wisata bawah lautnya yang terindah ke-2 didunia setelah Caribbean . Kak Nindita menceritakan betapa beruntungnya ia berkesempatan untuk diving dan menyaksikan keindahan bawah laut Alor yang menjadi destination utama para hardcore diver dari mancanegara.

Diakhir Talksnya,kak Nindita menyampaikan bahwa travelling itu bukan hanya ajang untuk buang-buang uang. Banyak manfaat lain yang bisa didapat . Mulai dari melatih kita untuk lebih On Time,disiplin,mandiri dan berlatih bersosialisasi dengan masyarakat sekitar dan yang paling penting, melihat sisi lain budaya Indonesia .

“The world is a book and those who dont travel read only a page” – St.Augustine

So,Let’s Travel!

3rd Speaker : Alfi Hanif N

Acara selanjutnya adalah pemutaran video TEDTalks Sebastian Wernicke : Lies, Damned Lies, and Statistics dan dilanjutkan dengan talks dari spaker ke-3, yaitu kak Alfi Hanif N. Kak Alfi menceritakan pengalamannya menjadi pemenang pada Coding Lumia 24 Hours awal februari lalu . Hanya berawal dari keisengan, kak Alfi berhasil menjadi salah satu pemenang pada ajang tersebut, padahal awalnya ia haya berniat untuk mendokumentasikan acara , bahkan dia ga bawa laptop . Setelah melihat para developer yang asik ngoding,kak Alfi pun mencoba meminjam laptop seorang temannya dan iseng-iseng mendevelop sebuah game buatannya dan voila ! He won!

Ga cuma berbagi pengalaman,kak Alfi juga mendemokan gamesnya yang berjudul ‘ Citizen Heroes’ . Baginya,untuk bisa memenangkan kompetisi tidak hanya dibutuhkan skill ,tapi juga strategi dan teknis,walaupun agak ngibulin dikit,hehe😀

Itu dia talks dari para speakers yang benar-benar inspiring dan jujur,saya jadi banyak tau hal baru tentang twitter, travelling da how to win competition. TEDxVolunteerMeetUp ini pun diakhiri dengan penentuan siapa yang bakal jadi speakers untuk next VolunteerMeetUp dan terpilihlah Kak Umar Marsandfamel (@marsandfamel) , kak Ghulam Tafrihi (@ghulamtafrihi) dan kak Gigih Septianto (@gigihseptianto). Cant wait to be inspired again🙂

Author: adorablemind

The happiest girl ever :))

One thought on “Review TEDxITT #1VolunteerMeetUp

  1. cieee mantap2 sayang gak dateng haha😆

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s