Hej !

Nostalgia Ramadhan

1 Comment


Ga kerasa ya,udah lewat seminggu puasa,lewat seminggu taraweh,ternyata suasana ramadhan dulu sama sekarang udah banyak yang beda,apalagi waktu taraweh.Jadi inget dulunya waktu masih zaman-zaman SD-SMP,sekitaran tahun 2005-2008,waktu minggu pertama taraweh,ruameeeenya minta tolong.Shaf belakang yang notabene diisi sama anak-anak dan remaja,satu shaf sampe dibagi dua,kalo ruku’ ya dipantetin,apalagi pas duduk tahiyat akhir,keinjek keinjek deh tu kaki -___- . Tapi sekarang sodara-sodara,diawal-awal aja udah kosong satu shaf coba,ini remaja-remaji pada kemana ya.

Selain itu,dulunya jumlah anak-anak yang nyatet ceramah ramadhan buaaanyak banget,bahkan sampai yang udah SMA pun masih disuruh nyatet.Nah,begitu tiba saatnya minta tandatangan pak ustadz,semua rebutan buat letakin buku paling bawah.Eh ga taunya malah yang diatas duluan yang ditandatangani,nasib dah.Nah kalau sekarang,yang nyatet ceramah cuma anak SD,itupun ga semuanya.Banyak juga yang minta dicatatin orangtuanya.Zaman saya dulu mah mana boleh dicatetin.Minta tandatangan pak ustadz pun udah ga seseru yang dulu.

Selesai ustad kasih ceramah dan tibalah saatnya untuk sholat taraweh,shaf belakang langsung sepi.Anak-anaknya pada kabur-buuuuur.Ga seperti zaman saya dulu,selesai ceramah,yang merasa anak-anak masih betah duduk manis dibelakang.Pas berdiri takbiratulihram,ikutan juga,tapi pas imamnya udah baca alfatihah dan para orangtua udah khusyuk dengan sholatnya masing-masing,barulah pada kabur.Ada yang ke kedai beli indo*mie goreng mentah,ada yang beli sate,ada yang main kelereng pakai pilus borobudur segede kelereng beneran di dalam mesjid,ada yang nyontek catatan ceramah,ada juga yang beneran sholat.Pas udah tahiyat akhir,anak-anak yang kabur tadi langsung susun shaf serapi-rapinya sambil ikutan duduk tahiyatakhir,jadi orangtuanya ngira sianak beneran sholat.Astahgfirullah,kecil-kecil udah pandai bohong😐 Kalau anak-anak sekarang,udah ga zaman lagi makan mie mentah,yang ada pada keluar makan sate ayam,mainin BB,ngomongin bisma sama morganteng SM*SH #ups:D .Nah saya dulu,cuma kerupuk cabe dikasih kuah sate doang,maklum zaman dulu cuma dikasih seribu.Lima ratus buat infak,lima ratus buat jajan,hape juga ga punya,yang diomongin juga doraemon atau conan.

Perbedaan lainnya terjadi setelah waktu imsak.Dulu anak-anak yang sholat subuh dimesjid rameee banget,soalnya habis itu pada asmara subuh,jalan-jalan ke dalam kompleks sampai jam 7 pagi ,masih dengan mukena lengkap. Jalannya jalan kaki beneran loh ya. Kalo diingat-ingat lagi rasanya kok bisa ya dulu saya jalan berjam-jam pakai mukena.Jadi berasa alay,aneh,norak,katrok,weird lah pokoknya.Ya maklum,namanya juga masih masa pubertas,apa-apa ngikutin teman hehe😀 Kalo sekarang,sepiii.Orang-orang pada tidur habis imsak.

Ga tau deh apa perbedaan-perbedaan itu cuma terjadi di mushollah daerah saya saja atau terjadi juga di tempat lain .Tapi dibalik perbedaan zaman dulu dan zaman sekarang yang sama-sama ga ada baiknya, ada juga loh kemajuannya. Sekarang udah ada ceramah yang dibawain sama anak-anak kecil kayak pildacil,kalo dulu kan cuma protokolnya doang. Dan satu yang benar-benar ga berubah,SALALAUAK😀

MySpaceMySpaceMySpace

Author: adorablemind

The happiest girl ever :))

One thought on “Nostalgia Ramadhan

  1. di masjid ku malah rame banget loh shel.. hahaa… kita berbeda… hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s