Hej !

Overview of Computer Engineering Disciplines

2 Comments


Masih banyak yang belum bisa membedakan macam-macam ilmu komputer seperti membedakan antara teknik informatika dan sistem informasi atau ilmu komputer dan teknik komputer.Apalagi sekarang sedang masa-masa sibuknya menentukan jurusan perkuliahan bagi siswa SMA yang akan lulus,pasti banyak yang bingung apa sih beda ilmu komputer dengan teknik komputer.Apa saja yang dipelajari?Bagaimana prospek kerjanya kedepan? Jika tidak mengerti jurusan yang akan dipilih,bisa-bisa malah jadi salah jurusan.Nah,karena itu saya posting macam-macam ilmu komputer.Sebenarnya ini untuk tugas PTI(Pengantar Teknik Informatika),tapi sekalian juga untuk membuka mata pengetahuan pembaca tentang disiplin ilmu komputer.

1)      Computer Engineering (CE)

Teknik komputer : ilmu yang mempelajari tentang perangkat keras komputer.

Fokus Computer Engineering : Desain dan konstruksi komputer dan sistem berbasis komputer. Di dalamnya meliputi studi tentang hardware, software, komunikasi , dan interaksi antar bagian tersebut. Mahasiswa CE mempelajari desain dari sistem hardware digital yang meliputi sistem komunikasi, komputer, dan peralatan yang memuat komputer.

Teknik Komputer merupakan perpaduan ilmu antara Teknik Elektro dan Ilmu Komputer yang mempelajari segala sesuatu tentang komputer secara hardware dan software dengan penekanan pada arsitektur fungsional dan kinerja sistem komputer. Teknik Komputer memberi tekanan khusus terhadap sistem komputer dalam kaitan peningkatan kinerja sistem yang tentu saja terkait dengan perancangan sistem komputer yang mencangkup juga aspek ekonomi sistem beserta evaluasi kinerja sistem dalam komputer.

Bidang kajian yang ditekankan pada Teknik Komputer adalah berkenaan dengan pemanfaatan sistem komputer sebagai kontrol otomasi, bagian dari sistem jaringan, perbandingan teknologi perangkat keras, trade-off dalam rancangan perangkat keras dan perangkat lunak, dampak perubahan teknologi terhadap feasibilitas, interaksi antar sistem arsitektur, rancangan sistem perangkat keras maupun lunak, hingga simulasi sistem komputer dipandang sebagai bagian dari infrastruktur suatu organisasi. Dalam teknik komputer, mahasiswa dipersiapkan untuk memiliki keahlian dalam bidang :

  1. Pemrograman Komputer
  2. Sistem Jaringan Komputer
  3. E-commerce
  4. Desain & Animasi Web
  5. Aplikasi Client Server
  6. E-commerce dan Internet
  7. Analisis dan Desain Bisnis

Prospek Lulusan Teknik Komputer

Lulusan Teknik Komputer akan mampu mengoperasikan dan mengembangkan pemanfaatan produk teknologi informasi, khususnya produk perangkat lunak, membuat program aplikasi skala kecil dan menengah, mengelola siklus hidup suatu perangkat lunak, menganalisis, merancang dan mengimplementasikan suatu sistem informasi berbasis komputer, mengelola pusat komputasi termasuk aspek manajemen data, administrasi data, kontrol pelaksanaan prosedur dan aliran informasi; mampu berkomunikasi formal dengan stakeholder dan memiliki wawasan tentang kecenderungan aplikasi informatika dan teknologi.

Prospek kerja bagi lulusan Teknik Komputer diantaranya sebagai System Engineer, Network Engineer, Network Professional, Embedded System Engineer, R&D Engineer, Robotics Engineer, Control Engineer, IT Consultant, Technopreuneur dan Computer Engineering Lecturer. Lulusan Teknik Komputer dapat bekerja di beberapa sektor seperti:

  1. Swasta (PT. INDOSAT, PT. Tricomindo, PT. Ericsson Indonesia, PT. Siemens Indonesia, PT. Elnusa, Tbk dan lain-lain)
  2. Pemerintahan (berbagai instansi pemerintah seperti Departemen Komunikasi Dan Informasi, Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi, atau menjadi dosen di berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta serta bekerja di lembaga penelitian yang ada di Indonesia seperti LIPI, BPPT, dan lain-lain)

Teknik komputer (disebut juga teknik sistem komputer, bahasa Inggris: computer engineering) adalah suatu disiplin khusus yang mengkombinasikan teknik elektro dan ilmu komputer. Seorang teknisi komputer adalah teknisi elektro arus lemah yang lebih berfokus pada sistem sirkuit digital, sistem komunikasi data pada frekuensi radio, dan elektronika sebagai bagian dari komputer secara menyeluruh. Dari kacamata ilmu komputer, seorang teknisi komputer adalah seorang arsitek perangkat lunak yang memiliki fokus pada interaksi antara perangkat lunak dan program serta komponen perangkat keras pendukungnya. Secara akademis, teknik komputer menekankan pada jenis mata kuliah:

  • elektronika dan sistem digital
  • mikroprosesor dan bahasa assembler
  • organisasi komputer atau arsitektur komputer
  • jaringan komputer dan Internet
  • komputer paralel, dll

2)      Computer Science (CS)

Fokus Computer Science : Teori-teori terkait dengan computing dan dasar algoritma sampai kepada pengembangan robotik, computer vision, intelligence system, bio-informatika, dan hal-hal lainnya.

Ilmuwan komputer terbagi dalam tiga kategori yaitu desain dan implementasi software, merancang cara baru penggunaan komputer, serta mengembangkan cara untuk menyelesaikan permasalahan computing.

Ilmu komputer : ilmu yang mempelajari baik tentang komputasi, perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Ilmu komputer mencakup beragam topik yang berkaitan dengan komputer, mulai dari analisa abstrak algoritma sampai subyek yang lebih konkret seperti bahasa pemrograman, perangkat lunak, termasuk perangkat keras. Sebagai suatu disiplin ilmu, Ilmu Komputer lebih menekankan pada pemrograman komputer, dan rekayasa perangkat lunak (software), sementara teknik komputer lebih cenderung berkaitan dengan hal-hal seperti perangkat keras komputer (hardware).

Ilmu komputer berakar dari elektronika, matematika dan linguistik. Dalam tiga dekade terakhir dari abad 20, ilmu komputer telah menjadi suatu disiplin ilmu baru dan telah mengembangkan metode dan istilah sendiri.

Ilmu komputer berkaitan erat dengan beberapa bidang lain diantaranya yaitu:

  1. Ilmu Informasi : ilmu yang mempelajari data dan informasi, mencakup bagaimana menginterpretasi, menganalisa, menyimpan, dan mengambil kembali. Ilmu informasi dimulai sebagai dasar dari analisa komunikasi dan basis data.
  2. Sistem Informasi : aplikasi komputer untuk mendukung operasi dari suatu organisasi yaitu: operasi, instalasi, dan perawatan komputer, perangkat lunak, dan data.
  3. Rekayasa Perangkat Lunak pada prinsipnya menekankan pada tahapan-tahapan pengembangan suatu perangkat lunak yakni : Analisis, Desain, Implementasi, Testing dan Maintenance.
  4. Rekayasa Komputer adalah ilmu yang mempelajari analisa, desain, dan konstruksi dari perangkat keras komputer.
  5. Keamanan Informasi adalah ilmu yang mempelajari analisa dan implementasi dari keamanan sistem informasi (termasuk Kriptografi).

Tugas ataupun pekerjaan untuk lulusan ilmu komputer antara lain:

  1. Men-desain dan mengimplementasikan software
  2. Menemukan cara-cara baru untuk menggunakan komputer
  3. Menemukan cara baru yang lebih efektif untuk memecahkan masalah-masalah komputer

3)      Information System (IS)

Fokus Information System : Mengintegrasikan solusi teknologi informasi dan proses bisnis untuk memenuhi kebutuhan informasi bisnis sehingga tujuan bisnis dapat tercapai secara efektif dan efisien. Spesialis IS memegang peranan dalam menentukan kebutuhan sistem informasi bagi organisasi.

Sistem informasi adalah suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan

kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi operasi organisasi yang bersifat manajerial dengan kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan informasi yang diperlukan untuk pengambilan keputusan.

Sistem informasi dalam suatu organisasi dapat dikatakan sebagai suatu sistem yang

menyediakan informasi bagi semua tingkatan dalam organisasi tersebut kapan saja diperlukan.Sistem ini menyimpan, mengambil, mengubah, mengolah dan mengkomunikasikan informasi yang diterima dengan menggunakan sistem informasi atau peralatan sistem lainnya.

Sistem informasi terdiri dari komponen-komponen yang disebut blok bangunan (building blok), yang terdiri dari komponen input, komponen model, komponen output, komponen teknologi, komponen hardware, komponen software, komponen basis data, dan komponen kontrol. Semua komponen tersebut saling berinteraksi satu dengan yang lain membentuk suatu kesatuan untuk mencapai sasaran.

4)      Information Technology (IT)

Fokus Teknik Informatika : Menentukan bagaimana sebuah sistem di sebuah institusi sudah tepat keberadaannya, berfungsi sesuai harapan, mudah dalam pengaturan operasional, serta aman.

Teknik Informatika: Melakukan rekayasa dalam bisang proses informasi dan perangkat yang memprosesnya seperti hardware komputer,software komputer,rekayasa dalam mengolah informasi dan sebagainya dalam tujuan untuk menemukan metode dan tools yang baru dalam mendukung keakuratan informasi yang dikirim dan disimpan.

Lulusan Teknik Informatika diharapkan tidak hanya sekedar mampu menggunakan program-program aplikasi komputer (user) atau membuat program aplikasi komputer (programmer), tetapi menjembatani kebutuhan-kebutuhan user dan programmer yang kemudian akan muncul.

Teknik informatika merupakan disiplin ilmu yang menginduk pada ilmu komputer, yang pada dasarnya merupakan kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang secara khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan fakta-fakta simbolik (data) dengan memanfaatkan seoptimal mungkin teknologi komputer. Transformasi itu berupa proses-proses logika dan sistematika untuk mendapatkan solusi dalam menyelesaikan berbagai masalah, sehingga dengan memilih program studi Teknik Informatika, kita menjadi terlatih berpikir secara logis dan sistematis untuk dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan pekerjaan apapun.

Program studi Teknik Informatika bertujuan memenuhi kebutuhan akan SDM yang profesional di bidang teknologi informasi. Selain itu, untuk menjembatani antara kepentingan industri dan masyarakat profesi dengan kepentingan akademik, maka disusunlah kurikulum berbasis kompetensi, dimana selain muatan-muatan inti, diberikan pula muatan-muatan lokal yang mendukung basis pengetahuan terapan dan perekayasaan perangkat lunak. Diharapkan melalui program ini dapat dihasilkan lulusan yang memiliki daya saing, jiwa kewirausahaan, dan memiliki wawasan teknologi informasi yang memadai sehingga tidak gagap ketika tiba waktunya untuk menerapkan ilmunya di masyarakat.

5)      Software Engineering (SE)

Fokus Software Engineering :

Merancang dan memelihara sistem software secara handal, efisien, efektif, serta mudah dikembangkan dan dapat memenuhi kebutuhan dari pengguna. Mendesain,mengidentifikasi dan memodifikasi software sehingga berkualitas,lebih terjangkau dan lebih cepat.

IEEE Computer Society mendefinisikan rekayasa perangkat lunak sebagai penerapan suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak, serta studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan engineering atas perangkat lunak.

Sejarah Software Engineering :

Istilah software engineering, pertama kali digunakan pada akhir tahun 1950-an dan sekitar awal 1960-an. Pada tahun 1968, NATO menyelenggarakan konferensi tentang software engineering di Jerman dan kemudian dilanjutkan pada tahun 1969. Meski penggunaan kata software engineering masukan konferensi tersebut menimbulkan debat tajam tentang aspek engineering dari pengembangan perangkat lunak, banyak pihak yang menganggap konferensi tersebutlah yang menjadi awal tumbuhnya profesi rekayasa perangkat lunak.

Subdisiplin Software Engineering :

  • Kualitas perangkat lunak (software quality)
  • Teknik kebutuhan perangkat lunak (requirements engineering)  : Elisitasi,analisis,spesifikasi dan validasi kebutuhan software.
  • Manajemen proyek perangkat lunak (project management)
  • Pengujian perangkat lunak (software testing)
  • Metode formal (formal methods)
  • Penjaminan mutu perangkat lunak (software quality assurance)
  • Verifikasi perangkat lunak (software verification)
  • Perangkat lunak terdistribusi (distributed software engineering)
  • Manajemen konfigurasi perangkat lunak (software configuration management) : Memanage standardisasi dan strukturisasi untuk konfigurasi software system .
  • Perawatan perangkat lunak (software maintenance) : Software system sering menghadapi masalah dan butuh perbaikan selama beberapa saat setelah pertama kali selesai,subdivisi ini ada untuk memecahkan masalah tersebut.
  • Permodelan dan perancangan  perangkat lunak (software design and modelling) : Desain software biasanya dilakukan dengan menggunakan Computer-Aided Software Engineering (CASE) dan standar format tertentu seperti Unified Modeling Language (UML).
  • Arsitektur perangkat lunak (software architectures)

Tulisan ini merupakan kumpulan dari beberapa artikel yang saya kutip.Sumber : wikipedia,ilmu komputer,Informatika dan ilmu komputer,Disiplin ilmu komputer.

Gimana?Sudah bisa membedakan macam-macam ilmu komputerkan,berarti anda sudah bisa memutuskan untuk masuk jurusan yang anda minati.Berhati-hatilah dalam mencari jurusan,pilihlah jurusan yang benar-benar anda minati,jangan sampai anda mengulang tahun berikutnya,sayangi umur anda🙂 Last,good luck for all!!

Author: adorablemind

The happiest girl ever :))

2 thoughts on “Overview of Computer Engineering Disciplines

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s