Hej !

Review PDKT 2010

15 Comments


Apa yang terpikir begitu mendengar kata OSPEK? Perploncoan,rambut kepang,poni dijepit,bawa barang aneh-aneh,baju culun dan diteriak-teriakin?Ya,pada umumnya begitulah gambaran pikiran kita anak sekolah.Lah yang sekolah aja gitu,apalagi ospek kuliah,rasanya sereeeeeeeem bener.Bener gak sih begitu? Buat yang akan menjadi mahasiswa,tidak semua universitas kok yang memakai sistem perploncoan dikampus mereka,contohnya kampus saya,IT Telkom.Sejak tanggal 7 Agustus yang lalu saya sudah menjalani serangkaian acara ospek kampus ITTelkom.Nah disini tidak dikenal yang namanya ospek,tapi kampus ini memakai istilah PDKT (Pengenalan Dunia Kampus Telekomunikasi). Yang jelas,PDKT itu sangat berbeda dengan ospek-ospek pada umumnya.No perploncoan,no senior,no junior.Disini semuanya sama-sama mematuhi aturan,baik maba (mahasiswa baru) nya,maupun panitianya.

Registrasi offline diwarnai dengan  kakak panitia yang berseragam rapi dengan jilbab lebar,rambut dikuncir dan panitia cowok yang rapi dengan rambut cepak 1 cm.Benar-benar penampakan kampus yang sangat rapi dan terasa intelek.Saat itu dibagikan juga selebaran peraturan dresscode untuk PDKT.Pakaian formal bagi perempuan yaitu rok model A biru dongker polos,jilbab minimal satu jengkal dari bahu,kemeja putih polos dan sepatu pansus.Apa pendapat beberapa teman-teman berjilbab? “Haaaaah,lebar kali jilbabnya kayak anak pesantren.Ya ampuuuuun” Dan cowok khas dengan rambut cepak 1 cm nya.

Apakah peraturan berpakaian seperti itu termasuk perplocoan? Atau sengaja mempermalukan mahasiswa baru? Menurut saya tidak sama sekali,ini justru sangat berkebalikan dengan ospek yang saya bayangkan.Ketika melihat peraturan harus berjilbab lebar saya mulai berfikir,subhanallah kampus ini justru mengajarkan kebenaran yang anehnya malah menjadi suatu hal yang tabu bagi sebagian besar bangsa ini.Apa yang salah dengan jilbab lebar dan rambut plontos? Bukankah itu merupakan syariat yang benar.

7 Agustus 2010- Pra PDKT

Walaupun masih Pra,tapi hari ini sudah diwarnai dengan teriakan-teriakan kakak DMT ( DMT adalah komisi tim kedisiplinan yang bertugas mengatur dan memobilisasi mahasiswa baru agar acara berjalan lancar dan tepat waktu-Red).Aturannya,DMT tidak boleh senyum.Benar-benar awal yang menegangkan.Dari satu lokasi ke lokasi lain,semua mahasiswa harus lari sambil diteriakin “Cepat dek!Lariiii!CEPAT!”Menguras tenaga tentunya tapi itu semua demi kelancaran acara yang pasti berguna untuk mahasiswa baru juga.Coba aja banyangin 1600 mahasiswa berpindah dari satu tempat ketempat lain yang jaraknya 100 meter sambil jalan melebe-lebe,kapan mau mulai acaranya coba.Jadi jangan pada sakit hati kalo diteriakin cepat sama panitianya😀. Satu lagi sisi relijius kampus ini yang saya temukan. Acara hari ini diisi dengan gotong royong dan pembagian sembako.Nah,kita pasti mikir yang namanya gotong royong nyapu jalanan dan lari sana-sini masa pake rok.Benar,kami memakai training,tapi didouble dengan rok.Kontan aja semua mahasiswi baru( selanjutnya akan saya sebut miba) pada ngeluh.Tapi jika kita pikir-pikir lagi,ini bukan sesuatu yang salah,justru ini benar dan sesuai syariat,ya kan.

8 Agustus 2010 – Hari Minggu # Hari Libur

Hari ini hari minggu tapi hari ini bukan hari libur.Semua maba-miba disibukkan dengan tugas kelompok yang seabrek.Semua kelompok sibuk memecahkan soal-soal untuk membuat nametag,namebag,blackbook dan sit cover.Untuk membuat satu nametag saja kami harus memecahkan 4 lembar soal.Apa soalnya? Soal yang diberikan benar-benar membuat berpikir,mulai dari soal fisika,matem,logika,informatika,pengetahuan kampus,sejarah hingga pengetahuan umum.Dari jawaban soal-soal itulah kita bisa mengetahui bentuk,warna dan ukuran dari benda yang akan dibuat.Kreatif.Apa yang kami dapat dari ini? Anggota dalam satu kelompok pastinya berasal dari daerah yang berbeda-beda,nah dalam waktu yang singkat kami harus dapat mengkomunikasikan tugas ini agar dapat selesai dengan baik,ngerjainnya dimana,yang ini dapat tugas apa,yang itu ngerjain apa.Nah,sore harinya,semua mahasiswa harus mencek tugas individu yang dipublikasikan lewat web PDKT.Tugasnya MasyaAllah banyaknya.Mulai deh semuanya keteteran mikirin tugas kelompok yang belum selesai dan tugas individu yang juga gak kalah banyak.

9 Agustus 2010- Day 1 PDKT

Datang pagi-pagi,kumpul dilapangan rektorat,baris lagi,diteriakin lagi😐 .Inti acara hari adalah pembukaan yang diisi sama kakak Tito Anugrah Perdana-Director PDKT-,penampilan UKM ITTelkom,Welcome Party tiap Fakultas,dan simulasi kuliah oleh para dosen yang terdiri dari 3 sesi.Kesimpulan tentang Kak Tito-Kreatif,visioner,tegas,cerdas,intelek,relijius,humoris namun tetap serius.Tiap kedatangannya untuk memberi motivasi pasti diwarnai aksi yang kreatif dan kocak,kata-katanya lugas dan tegas.Selanjutnya Welcome Party yang diisi dosen masing-masing fakultas.Sebelumnya,gambaran dosen dalam pikiran saya adalah mereka yang sudah cukup berumur dengan tampang serius yang membunuh,tapi di ITTelkom persepsi seperti itu sama sekali tidak berlaku.Yang akan kita temui disini adalah dosen-dosen muda dengan raut ramah dan kocaknya tapi jika berbicara dapat memotivasi maba-mibanya dengan semangat berkobar-kobar.Acara ini selesai sore hari yang disambut dengan tugas kelompok dan tugas harian yang lebih wah daripada tugas sebelumnya.

10 Agustus 2010 – Day 2 PDKT

Awal yang sama dengan acara yang beda.Acara hari ini diisi dengan touring kampus,seminar oleh mahasiswa berprestasi,seminar oleh Pak Onno W Purbo dan motivasi akbar.Pembicara pada seminar mahasiswa berprestasi adalah kakak-kakak yang telah mengukir prestasi mereka diajang nasional dan Intersional.Ada Kak Kania yang baru saja memenangkan 3rd place pada Imagine Cup di Polandia,ada Kak Istiqomah jawara Gemastik dan Kak Uun yang juga berprestasi dikancah Internasional.Satu hal yang mengetuk hati saya,mereka pada awalnya mungkin termasuk mahasiswa yang ‘tersesat’ ditempat yang tidak mereka pilih namun mereka membuat ke-tersesat-an itu menjadi ‘tersesat dijalan yang benar’.Ya,saya ingin menjadi seperti mereka,bahkan lebih dari mereka.Berikutnya seminar dari Pak Onno W Purbo,salah satu manusia Indonesia yang membuat sejarah internet di Indonesia.Beliau adalah seorang yang cerdas,intelek,nekat namun kocak.Acara terakhir adalah acara yang mungkin menjadi event yang paling diingat oleh maba dan miba.Motivasi Akbar.Disini semua mahasiswa yang melanggar peraturan dan kode etik akan dieksekusi.Alhasil,seluruh mahasiswa ternyata pernah melakukan kesalahan dan semuanyapun dieksekusi sesuai dengan jumlah kesalahannya.Bila melanggar 1 peraturan akan dieksekusi dengan pushup/sit up/ backup 10 kali dan begitu seterusnya. Disini kami dilatih untuk bisa disiplin dan jujur.

11 Agustus 2010- Last Day PDKT

Tetap dengan awal yang sama namun teriakan-teriakan sedikit berkurang karna hari ini adalah awal ramadan.Hari ini diisi dengan pengenalan organisasi kemahasiswaan seperti BEM dan DPM ,seminar oleh pak Bima Arya Sugiarto,theatrical oleh panitia dan closing.Siapakah pak Bima Arya Sugiarto? Pada tau gak? Nah,pernah nonton acara Demo Crazy kan.Beliau ini adalah seorang motivator dan pengamat politik yang sering menjadi pembicara di demo crazy.Kata-katanya pada seminar kali ini benar-benar membangkitkan semangat untuk merubah bangsa dan membuka mata mahasiswa bahwa kerja mahasiswa bukan hanya belajar,namun softskill kepemimpinan juga hal yang penting untuk diasah.Berikutnya theatrical dari para panitia.Inti dari theatrical ini adalah penampakan bobroknya bangsa ini,mulai dari nenek-nenek dan ibu hamil yang mengais sampah untuk mencari makan,anak-anak kecil yang mencari uang dipinggiran jalan dan berakhir tragis ditangan para preman pemalak,mahasiswa-mahasiswa yang suka judi dan berfoya-foya sampai wakil rakyat yang menghambur-hamburkan uang rakyat dan mengikat masyarakat tidak mampu untuk kepentingan korupsinya.Emang korupsi penting apa.Disini saya miris dan rasanya ingin menangis mengingat negara yang saya tempati seperti ini.Anehnya,sebagian besar mahasiswa lain justru tertawa melihat theatrical ini karena mereka tidak melihat pesan,namun hanya menganggap ini sebagai hiburan semata.Dalam hati saya bertanya,apa sih yang mereka tertawakan? Mengapa mereka justru menertawakan kebobrokan bangsa ini? Selanjutnya closing ditandai dengan pencabutan ban DMT dan penghapusan peraturan PDKT.Kontan aja semua maba-miba langsung berhamburan kesenengan gak karuan.

Satu lagi hal yang saya salutkan dari kampus ini,dalam waktu hanya 3 hari saja,mahasiswa baru bisa disuguhi dengan begitu banyak acara yang pastinya berguna dan mendidik.PDKT ini terlalu banyak memberikan kesan baik kepada saya,membuat mahasiswa-mahasiswa yang merasa ‘tersesat’  jadi merasa ‘tersesat dijalan yang benar’.Bagaimana dengan saya? Sayangnya saya tidak merasa ‘ tersesat dijalan yang benar’,tapi saya merasa MEMANG berada dijalan yang benar dari awalnya.InsyaAllah pilihan saya tidak salah dan kampus ini pun menjawab dengan pasti ‘Ini memang pilihan yang paling benar’.Berikutnya akan saya paparkan apa-apa saja sih hal yang membuat saya begitu bangga menjadi mahasiswa ITTelkom.Tunggu dipostingan berikutnya ya,soalnya yang ini udah kepanjangan bener.

Buat teman-teman yang baru merasakan ospek kampusnya,ayo dong dishare ceritanya.Maaf sebelumnya kalau postingannya kepanjangan,tidak bermaksud bangga-banggaan,cuma mau sharing doang😀

PDKT 2010,BANGKIT PEJUANG!

Author: adorablemind

The happiest girl ever :))

15 thoughts on “Review PDKT 2010

  1. smoga org jg berada di jalan yang benar.amiin🙂

  2. Shelby, how’s the PDKY goin’ on? Do my grammar is right, alah…
    Success for you

    • alhamdulillah,PDKT was goin’ well,it’s really amazing and fun.I’ve got a lot of new experience and motivation to be the agent of changes,hahahha *alah*😀
      btw,mj nama aslinya sapa ya? Michael jackson kah?hahaha
      aniwey,thanks before😀

      • I am a man who will fight for your honour…
        Excerpt from Peter Cetera ‘Glory of Love’ soundtrack Karate Kid.
        Ciaaat, wacaaa.
        Ttd, Dendeng Balado dari NARKOBA, Nasi Ramas Kota Buana, alah…

  3. eh shel, di bagian links nya kamu, ubah link aku dong. kan bukan ifigonnatellssomething lagi. tapi ifitalkssomething.. thx b4

  4. ha? Iya ya?
    Haha.. Ak gk nyadar shel. Haha.. Maklum, d jogja org pake ‘kamu’ n ‘aku’. Haha..

  5. kok foto PDKT yang ada di blog foto PDKT 2009?bukan yang 2010?
    Hamasah kuliah di IT Telkom ^.^

  6. Nice writing! ga banyak maba dan miba yang bisa mengambil sisi positif dari pdkt nya🙂 *jadi terbayang kenangan pdkt*

    salam,
    Adek Aidi
    OC pdkt 2003, SC pdkt 2005, alumni ittelkom.

    • terimakasih mba aidi😀
      saya ada berkunjung melihat-lihat blog mba,baguuuuuuuuus banget
      mba aidi sekarang dieropa ya?Waaaah,cita-cita saya banget itu kesana mba
      Kalau boleh saya mau belajar banyak dari uni aidi😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s